Resep Sate Padang Oleh Nandita Abdi_ Dapoertrifa

Resep Sate Padang Oleh Nandita Abdi_ Dapoertrifa


Sate Padang oleh nandita abdi_ Dapoertrifa

Resep Sate Padang

Resep Sate Padang - Resep Sate Padang favorit. Rasanya lagi kepengen makan sate padang tapi siang2 gini di kotaku ga ada yang jual, daripada bengong eksekusi aj dech🤣resep asli saya sertakan dari xander kitchen tapi saya pakai daging (stok yg ada hehehe...) cuma ada yang saya skip biar anak2 bisa ikutan makan, ga pedes maksudnya😂😂

Bahan - Bahan :

  • 1 buah lidah sapi (saya 200 gr daging sapi)
  • 1 batang sereh digeprek
  • 1 ruas jahe digeprek
  • 1 ruas lengkuas digeprek
  • 6 lembar daun jeruk (saya 2 lembar)
  • 1 lembar kunyit sobek-sobek (saya cuma di ikat)
  • Secukupnya garam & gula
  • 5 sdm tepung beras dilarutkan dengan air secukupnya (saya 3 sdm)
  • Bumbu halus :
  • 15 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 10 buah cabe rawit (saya skip)
  • 1 sdt merica
  • Pelengkap :
  • Ketupat (saya skip)
  • Bawang merah goreng

Langkah - Langkah :

  • Rebus daging sapi sampai air mendidih. Angkat dan potong kotak. Air sisa rebusan di buang
  • Dalam wadah aduk rata daging dengan bumbu halus, garam, sereh, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, diamkan 30 menit
  • Pindahkan daging bersama bumbu ke dalam wajan, tambahkan air kira-kira 1500 ml, garam, gula, masak sampai bumbu meresap
  • Sisihkan daging yang sudah dimasak. Tusuk dengan tusukan sate
  • Olesi sate dengan minyak kemudian bakar. Saya bakar pakai teflon.
  • Sisa air rebusan daging dan bumbu ditambahkan larutan tepung beras, aduk rata jangan sampai bergerindil. Masak sampai meletup-letup, angkat. Kekentalan sesuai selera
  • Sajikan sate, siram dengan bumbu dan taburi bawang merah goreng.


Posting Komentar