Resep Coto Makassar Oleh Fany Febriany

Resep Coto Makassar Oleh Fany Febriany


Coto Makassar oleh Fany Febriany

Resep Coto Makassar

Resep Coto Makassar - Resep Coto Makassar favorit. Sudah 5 tahun lebih saya hidup diperantauan bersama suami dan anak-anak. Selama itu pula saya selalu rindu pada kampung halaman kami, Makassar. Satu hal yang paling saya rindukan, yaitu ibu saya termasuk masakannya. Dimana pun saya berada, tidak ada masakan seenak masakan ibu saya. Saat rindu masakan ibu, kadang-kadang saya mencoba memasak masakan ibu, ya meski rasanya tak akan pernah sama. At least bisa sedikit mengobati. Waktu itu, beberapa tahun lalu, saat idul adha, saya kebingungan mengolah daging kurban yang kebetulan sangat banyak. Saya yang notabene tidak tahu sama sekali masak, menelpon ibu untuk membagikan resep #warisanibu Benar-benar deh #ibukupelindungsetia kuuu kala tak tau mau masak apa. Tapi yang namanya orang tua, minta resep dikasih takaran bukan ml atau gram, melainkan gelas. Iyaa.. Gelas! Dan tau ga sih, gelasnya itu pake gelas jadul wkwkwkw Waktu itu saya dapat 3 resep. Coto, konro dan sop sodara. Tapi diantara ketiganya, resep coto lah yang paling berhasil saya praktekkan dari hasil memperkirakan takaran gelas ibu saya. Bahkan suami saya jadi ketagihan dengan resep ini. Anak-anak saya dari yg balita sampai bayi pun doyan sama resep ini. Benar-benar ya, tubuh kami boleh berada di luar kampung, tapi lidah anak Makassar tak akan pernah pergi jauh. #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Bahan - Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 2,5 liter kaldu sapi
  • 500 ml susu UHT full cream
  • 220 gram kacang tanah
  • 200 gram bawang putih
  • 250 gram bawang merah
  • 3 ruas jari lengkuas muda
  • 6 batang serai
  • 2 sdm ketumbar bubuk
  • 2 sdm pala bubuk
  • 5 lembar daun salam
  • 1 sdm garam halus
  • 1 sdm royco sapi
  • <strong>Bahan sambel</strong>
  • 1/4 liter cabai merah kecil
  • 250 gram tauco
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 cm lengkuas
  • 1 batang serai
  • <strong>Pelengkap</strong>
  • secukupnya daun bawang cincang
  • secukupnya bawang goreng
  • secukupnya kecap manis

Langkah - Langkah :

  • Rebus daging sapi lalu sisihkan kaldunya sebanyak 2,5 liter
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, lengkuas dan serai bersamaan di dalam blender hingga benar-benar halus. Tambahkan sedikit air untuk membantu proses penghalusan. Kemudian masak di atas wajan hingga airnya habis. Masukkan minyak goreng sedikit, tumis hingga wangi. Sisihkan
  • Goreng kacang tanah, kemudian blender bersama susu UHT hingga benar-benar halus. Sisihkan.
  • Campur kaldu sapi, tumisan bawang dan campuran kacang + susu. Rebus hingga mendidih kemudian masukkan daun salam, ketumbar, pala, garam dan royco. Aduk hingga rata. Tes rasa.
  • Untuk sambel, blender bawang putih, bawang merah, lengkuas cabai hingga benar-benar halus. Tambahkan air sedikit untuk membantu proses penghalusan. Masak hingga kuantitas air berkurang, tambahkan tauco. Tambahkan minyak goreng, tumis. Aduk hingga rata lalu sajikan.
  • Coto siap disajikan bersama daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, sambel tauco dan kecap.


Posting Komentar