Resep Coto Makassar Oleh Doriehan

Resep Coto Makassar Oleh Doriehan


Coto Makassar oleh Doriehan

Resep Coto Makassar

Resep Coto Makassar - Resep Coto Makassar favorit. Dari resep resep yang saya baca kebanyakan pakai cucian beras ke 2 dan seterusnya.. Tapi saya pakai cucian ke 4 dan seterusnya.. Jadi warnanya ga begitu butek yaa.. Dan resep saya gapakai tauco karena ngga punya.. Wes pokoknya kalo masak itu saya sesuaikan sama bahan dirumah.. Saya tulis resepnya ya.. Oiya saya bikin gapake merica bubuk / cabai biar sikecil bisa ikutan makan.. Kalo mau pedes tinggal kasih sambel aja ya buat yang doyan pedes ^^

Bahan - Bahan :

  • Bahan :
  • 500 gr daging sapi
  • 1 liter air cucian beras (saya pakai cucian ke-3)
  • 1 ruas jari jahe (geprek)
  • 3 ruas jari lengkuas (geprek)
  • 3 batang serai (geprek)
  • 3 daun salam
  • 2 daun jeruk
  • secukupnya garam, gula, kaldu bubuk
  • 100 gr kacang tanah goreng (uleg halus)
  • 1/2 sdt jintan bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk (saya skip)
  • Bumbu Halus :
  • (Saya pakai 2 sdm bumbu dasar putih)
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 4 butir kemiri bakar
  • Bumbu Pelengkap :
  • Bawang Goreng
  • Tomat
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Sambal
  • Jeruk nipis

Langkah - Langkah :

  • Rebus daging sapi, babat, jantung dan hati. Masukkan jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, dan salam. Setelah matang, angkat lalu tiriskan daging.
  • Tumis bumbu halus sampai harum, tuangkan air kaldu rebusan daging sapi (saya saring). Masak sampai mendidih.
  • Masukkan kacang tanah yang sudah diuleg halus. Bumbui garam, gula, kaldu bubuk. Tes rasa. Masak lagi sampai mendidih.
  • Sajikan : Dalam mangkok tata daging yang sudah dipotong, tata tomat, siram dengan kuah. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal dan jeruk nipis.


Posting Komentar