Resep Songkolo Bandang || #Makassar Sul-sel #olahan Kelapa Oleh Kaka
Beryl @amrii_g2

Resep Songkolo Bandang || #Makassar Sul-sel #olahan Kelapa Oleh Kaka Beryl @amrii_g2


Songkolo Bandang || #Makassar Sul-sel #olahan Kelapa oleh Kaka beryl @amrii_g2

Resep Songkolo Bandang || #Makassar Sul-sel #olahan Kelapa

Resep Songkolo Bandang || #Makassar Sul-sel #olahan Kelapa - Resep Songkolo bandang || #Makassar Sul-sel #olahan kelapa favorit. ▶10.04.2017◀ Kue jadul banget..Dan dari bahan yang sangat sederhana, kue ini sangat melekat di hati, sepanjang hidup... Semasa kecil kue ini sering banget mama bikin waktu itu aku masih jaman SD dan adik mama saya yang bungsu masih remaja usia masa sekolah sma..Dia juga fav banget nih kue, pokoknya kalau mama buat kue ini kami berdua lah yang paling banyak makannyaπŸ˜‚πŸ˜‚ itu juga salah satu alasan mama sering buat kue ini, secara aku anak sulung (masih tunggal saat itu) dan dia adik laki satu satunya....Yang tak terlupakan sampai sekarang tuh sampai kelapanya kita bahkan rebutan tapi kalo soal kuenya gak rebutan karena sudah punya pilihan warna sendiri sendiri..pokoknya kalo warnanya pink berarti itu punya saya sedangkan warna hijau punyah dia (Om kecil πŸ˜‚)masa kecil yang lucu..πŸ˜‚πŸ™ˆπŸ™ˆ sekarang meski sudah pada berkeluarga tetap aja kami berdua masih sama sama suka kue ini. Om saya yang menetap di kampung halaman dan saya di ibukota, jadi tiap saya mudik (biasanya tiap Ramadhan)itu pasti kita buka bareng dengan kue ini secara Om saya cuma beda 1 rumah dari rumah mama (masih tetanggaan)dan itu terjadi tiap tahunnya pokoknya saya datang hari ini besoknya pasti kue ini juga sudah ada😍😍 bedanya kami sudah tidak rebutan kelapa dan sudah tidak mempersoalkan warna lagi πŸ˜‚πŸ˜‚..#miss u all my family πŸ‘ͺπŸ‘ͺπŸ‘ͺ😘😍😭 . #cookpadcommunity_makassar #kulinermakassar #masakansulsel

Bahan - Bahan :

  • 4 buah pisang kepok matang potong 4 atau 8
  • 4 buah singkong ukuran besar
  • pewarna makanan hijau tua& merah cabe cap koepoe-koepo (selera)
  • 1 buah kelapa setengah tua, kupas kulit ari parut memanjang
  • sejumput garam
  • 2 Sdm gula pasir
  • secukupnya daun pandan atau daun pisang untuk alas kukusan

Langkah - Langkah :

  • Campur rata kelapa dan garam lalu kukus sekitar 10 menit setelah agak hangat tambahkan gula pasir campur rata dan sisihkan..
  • Parut singkong lalu beri pewarna makanan sesuai selera
  • Ambil secukupnya lalu pipihkan dan isi pisang, kemudian balut seleluruhan pisang dengan adonan (ukuran n bentuk sesuai selera)siap di kukus selama 15-20 menit,..Jgn lupa alas kukusan dengan daun pandan atau daun pisang
  • Setelah matang hilangkan uap panasnya dan gulingkan (balut) dengan kelapa... Siap di hidangkan


Posting Komentar