Resep Perkedel Kentang Soto Banjar Oleh Hairi Yanti

Resep Perkedel Kentang Soto Banjar Oleh Hairi Yanti


Perkedel Kentang Soto Banjar oleh Hairi Yanti

Resep Perkedel Kentang Soto Banjar

Resep Perkedel Kentang Soto Banjar - Resep Perkedel Kentang Soto Banjar favorit. Buat saya separuh dari kelezatan soto Banjar itu ada pada perkedel kentang. Dan posisi perkedel kentang ini tidak bisa digantikan oleh rebusan kentang biasa. Beda banget rasanya :-) Saya suka sekali menambahkan sesuka hati perkedel kentang pada soto Banjar. Dalam satu porsi, saya bisa menggunakan 3 atau 4 perkedel kentang. Jadinya bikin perkedel kentang selalu banyak :-) Bumbunya hanya bawang merah, bawang putih, garam, merica dan kuning telur. Saya memakai kuning telur bebek karena terbiasa memakai telur bebek dalam makanan sehari-hari. Untuk 1 kg kentang, masukkan 3/4 kuning telur bebek ke dalam kentang yang dihaluskan. Jangan semua kuning telurnya dimasukkan karena akan membuat adonan lembek. Untuk bawang, saya menggunakan lebih banyak bawang putih daripada bawang merah. Ukurannya 2:1. Bawang yang saya gunakan memang banyak untuk cita rasa yang lezat. Karena itulah baru bikin perkedel kentang sudah tercium aroma soto. Karena separuh dari kelezatan soto Banjar ada pada perkedel kentang :-) Untuk merica dan garam, itu sesuai selera. Tapi saya cendrung menambahkan banyak merica untuk cita rasa yang kuat. Jika bercampur dengan kuah soto (di mana perkedel dihancurkan saat bertemu soto) maka akan membentuk sebuah rasa baru dalam soto. Menjadi lebih lezat. Biasanya perkedel kentang juga ditambahkan daun seledri. Tapi karena suami tidak suka, maka penggunaan daun seledri saya skip. Jika suka, tambahkan daun seledri maka rasanya akan semakin lezat.

Bahan - Bahan :

  • 1 kg kentang
  • 150 gram bawang putih
  • 75 gram bawang merah
  • sesuai selera Merica dan garam
  • 3/4 kuning telur
  • 1 butir telur buat celupan saat menggoreng

Langkah - Langkah :

  • Goreng kentang dan bawang sampai empuk..
  • Haluskan bawang dan kentang
  • Tambahkan merica dan garam sesuai selera
  • Tambahkan kuning telur. Aduk sampai merata. Tes rasa. Jika sudah pas dibulat-bulatkan kemudian dipipihkan seperti gambar
  • Kocok satu butir telur, siapkan minyak panas. Masukkan perkedel ke dalam kocokan telur kemudian goreng sampai berwarna keemasan.
  • Perkedel kentang siap disantap


Posting Komentar