Resep Kepiting Saus Padang Oleh DFH

Resep Kepiting Saus Padang Oleh DFH


Kepiting Saus Padang oleh DFH

Resep Kepiting Saus Padang

Resep Kepiting Saus Padang - Resep Kepiting Saus Padang favorit. Sebenernya ini resep lama, tapi baru kepikiran untuk posting resep ini, Bermula dari jalan2 di pinggir pantai padang di minggu pagi berdua dengan adek paling bontot, disepanjang pantai saya menemukan banyak penjual seafood, iseng2 mampir ke salah satu lapak, ternyata kepiting yang dijual masih fresh (masih hidup) dan ukurannya besar, jd saya dan adek saya memutuskan untuk membeli kepiting hidup, yg pada saat itu belum kepikiran untuk dimasak apa, nyampe dirumah, Ibu saya langsung buka youtube untuk melihat enaknya mau dimasak apa kepiting yg saya beli, dan akhirnya kami memutuskan mengolah kepiting ini menjadi Kepiting saus padang (berhubung saya orang padang), dan beruntungnya semua bahan yg dibutuhkan ternyata lengkap ada di kulkas, tanpa pikir panjang langsung saja saya eksekusi

Bahan - Bahan :

  • 15 Ekor Kepiting Ukuran Sedang/Ukuran Telapak tangan
  • 4 buah Jagung Manis
  • 3 butir telur ayam
  • 10 siung bawang merah
  • 1 kepal bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas Lengkuas
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 100 gr cabe merah keriting
  • saus sambal
  • saus tomat
  • Garam
  • Gula
  • Merica
  • Kaldu bubuk
  • 1 Sendok Makan tepung Maizena (optional)
  • Minyak Goreng
  • Air
  • Hiasan:
  • 1 buah Tomat
  • 1 batang daun seledri

Langkah - Langkah :

  • Cuci bersih kepiting (cangkangnya juga ikut dibersihkan), Belah menjadi dua bagian setiap ekor kepiting, lalu rebus kepiting sampai berubah warna menjadi kemerahan, angkat dan tiriskan.
  • Potong jagung menjadi 3 bagian, lalu rebus jagung sampai tingkat kematangan yg diiginkan, lalu tiriskan
  • Haluskan semua bumbu bumbu (bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri dan cabe) menggunakan food processor.
  • Tumis semua bumbu halus sampai harum, lalu masukan kepiting yg sudah direbus tadi, aduk aduk sebentar sampai rata. lalu tambahkan air rebusan kepiting sesuai dengan selera (saya lupa takarannya). tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan merica, saus sambal dan saus tomat aduk rata, koreksi rasa. lalu tambahkan jagung yang sudah direbus, aduk sebentar, kecilkan api. lalu tambahkan telur 1 per satu, sambil di aduk perlahan
  • Terakhir, tambahkan larutan tepung maizena, sedikit demi sedikit sesuai dengan tingkat kekentalan yang di inginkan. aduk rata, sampai saus matang, angkat, dan sajikan diasan tomat dan daun seledri


Posting Komentar