Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis Oleh Inonk Aden _
LizSetia(MomyNaufal)

Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis Oleh Inonk Aden _ LizSetia(MomyNaufal)


Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis oleh inonk Aden _ LizSetia(MomyNaufal)

Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis

Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis - Resep Ayam goreng Serundeng khas Ciamis favorit. Recook resep Yanti Yulianti🙏👌 Bikin sendiri ayam goreng khas Ciamis 💃💃💃kuliner dari daerah sendiri harus dlestarikan😘.Jadi nih ayam goreng yg prosesnya diungkep tlebih dahulu sblm dgoreng kering & yg bkin khasnya itu serundengnya (ada yg belum tau serundeng?itu lho kelapa setengah tua yg dparut trs dbumbuin sampe kering😋🙏)enak pokonya.Lebih enaknya kalo pake daging ayam kampung tapi kali ini saya bkin pke daging ayam kota 😂.yuuukk ah cobain bikin buat lalapannya optional z,saya kbetulan lagi byk tumbuh si pucuk daun kencur (cikur)enak bgt,pake sambelnya tetap setia dg sambel andalan orang sunda😋😍 : Sambel Terasi dadakan orang sunda https://cookpad.com/id/resep/2711961-sambel-terasi-dadakan-orang-sunda

Bahan - Bahan :

  • 500 gr daging ayam campur (bagian dada & kepala)
  • Bumbu halus ayam :
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 ruas kunyit
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 bks royc* ayam
  • Garam & air sckpnya
  • Bahan serundeng :
  • 1/2 butir kelapa stengah tua
  • 1/2 ons kacang tanah goreng,saya skip
  • Bumbu halus serundeng :
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 3 ruas kencur
  • Lengkuas,geprek (tambahan dari saya)
  • 3 buah cabe merah (saya ganti 1 buah rawit oren)
  • 1 sdt asem
  • 1 sdm gula aren
  • 2 lembar daun salam&daun jeruk
  • bila perlu Garam&gula pasir

Langkah - Langkah :

  • Cuci bersih daging&kepala ayam,potong sesuai selera(kepalany saya biarkan utuh).
  • Ulek bumbu halus
  • Tumis bumbu halus hingga harum,masukan potongan daging&kepala ayam aduk sampai berubah warnanya.
  • Lalu tambahkan sdkit air,ungkep&masak hingga air asat.Tiriskan(air kaldunya saya pakai untuk campuran mbuat serundeng).
  • Panaskan minyak goreng,lalu goreng daging&kepala ayam hingga kering.Perhatikan api biar ga gosong ya.Angkat&tiriskan👌
  • Lalu kita bikin serundengnya,parut kelapa setengah tua tadi(kerik bagian kulitnya biar aga bersih warnanya).
  • Ulek bumbu halus serundeng lalu tumis hingga harum,masukan parutan kelapa aduk rata
  • Tambahkan air kaldu dari ungkepan ayam tadi,lumyan drpd dbuang kan😁,terus aduk rata.
  • Hanya orang sabar yg mau bikin serundeng,aduk2 terus sampe kelapa menjadi kering,kalo saya sukanya yg ga kering banget msh basah2 sdkit,alibi dari tangan yg pegel ngadukkkk 😂🙏
  • Setelah itu sajikan serundeng dg goreng ayam,plengkapnya lalapan&sambel dadakan yg sudah saya share sblmnya,link ada diatas ya.
  • Slmt mkn dg lahap😘💃💪
  • Sambel Terasi dadakan orang sunda https://cookpad.com/id/resep/2711961-sambel-terasi-dadakan-orang-sunda


Posting Komentar