Resep Bubur Samin (Khas Arab+Banjar) Oleh Rizka Edmanda

Resep Bubur Samin (Khas Arab+Banjar) Oleh Rizka Edmanda


Bubur Samin (Khas Arab+Banjar) oleh Rizka Edmanda

Resep Bubur Samin (Khas Arab+Banjar)

Resep Bubur Samin (Khas Arab+Banjar) - Resep Bubur Samin (Khas Arab+Banjar) favorit. Bubur samin ini sebenarnya adalah masakan khas banjar yang diadaptasi dari kuliner khas arab yaitu nasi samin, karena saya sendiri orang melayu, dan ditempat asal saya (Pontianak) yang namanya bubur selalu pake topping ikan teri dan kacang, maka jadilan Bubur Samin ala Saya ini, bumbu nya tetap pake bumbu samin asli, hanya topping saja yang saya ganti ☺️ Bosan dengan bubur nasi biasa? Bubur Samin ini layak bange lho dicoba! Biar kenal juga sama panganan dan bumbu-bumbu khas timur tengah. Selamat mencoba! Catatan : 1. Saya pakai bumbu nasi samin instant yang dibawa mertua saat pergi ke arab, tapi kalau kalian gak punya bumbu samin instant, akan saya share resep membuat bumbu samin disini. 2. Setau saya belum pernah ada resep bubur samin di cookpad, jadi ini benar-benar kreasi saya , boleh di recook dan kreasikan sendiri ya! 3. Kaldu bisa pakai sapi atau ayam ya 4. Susu cair bisa diganti santan

Bahan - Bahan :

  • 2 cangkir beras
  • 4 sdm bumbu nasi samin instant
  • 1 sdt Cinnamon Powder / Kayu Manis ditumbuk
  • 350 ml Susu Cair Full Cream
  • 500 ml air kaldu sapi/ayam
  • 4 siung bawang putih
  • secukupnya bumbu penyedap (royco, totole dan garam dapur)
  • secukupnya lada/merica bubuk
  • 200 gram daging sapi/ayam sesuai selera
  • 3 sdm margarin
  • BAHAN TOPPING : (Topping bisa diganti sesuai selera ya)
  • secukupnya kacang tanah goreng
  • secukupnya ikan teri goreng
  • 2 sdm Olive Oil untuk dressing
  • secukupnya tomat atau telur
  • KLO GA ADA BUMBU SAMIN INSTANT BISA BIKIN SENDIRI YA, resepnya :
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt jintan bubuk
  • 1/4 kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt cengkeh bubuk
  • 1 sdt bumbu kari bubuk
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 5 sdm minyak goreng/minyak samin

Langkah - Langkah :

  • Langkah pertama saya jelasin dulu buat kalian yang ga punya bumbu samin instant ya, karena di Indonesia jarang dijual :
  • Semua bumbu nasi samin diblender halus, pas ngeblender jangan dicampur pake air ya tapi pake minyak goreng/minyak samin. Setelah diblender halus, tumis dengan minyak goreng sampai halus. Angkat dan tiriskan.
  • Siapkan panci, masukkan beras yang sudah dicuci, tambahkan : susu cair, margarin, bumbu samin yang sudah dibuat, air kaldu ayam/sapi beserta daging nya, penyedap rasa (garam,kayu manis bubuk,Lada bubuk,royco/totole)
  • Rebus di atas api kecil sampai hancur dan jadi bubur,kalau airnya kering tapi berasnya belom jadi bubur bisa ditambah air biasa, sesekali diaduk biar bawahnya gak gosong.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan dengan topping sesuai selera


Posting Komentar