Resep Orek Tempe Nyemek Cabe Ijo Oleh Christine Octo Veronica

Resep Orek Tempe Nyemek Cabe Ijo Oleh Christine Octo Veronica


Orek Tempe Nyemek Cabe Ijo oleh Christine Octo Veronica

Resep Orek Tempe Nyemek Cabe Ijo

Resep Orek Tempe Nyemek Cabe Ijo - Resep Orek Tempe Nyemek Cabe Ijo favorit. Saya ini anak PEJABAT (Peranakan Jawa Batak). Tapi di rumah, kami terbiasa dengan masakan ala Jawa di banding masakan Batak. Saya salut Bapak saya akhirnya bisa menyesuaikan juga lidahnya dengan masakan Jawa yang cenderung manis, sementara masakan Batak itu cenderung asin. Ini resep dari mama saya tercinta. Sebagai salah satu penggila tempe, Tempe adalah comfort food saya, mau diapain aja saya tetep suka. Mau di goreng dengan bumbu rendaman garam saja, saya suka. Apalagi kalo di orek begini, paliiiiiiing suka. Saya suka orek yang nyemek begini drpd orek kering, karena bumbu nya lebih meresap kalo menurut saya.

Bahan - Bahan :

  • 1 papan tempe
  • 6 siung bawang merah (iris halus)
  • 10 cabe hijau (iris serong)
  • Bumbu halus
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada butir
  • 2 butir kemiri
  • 1 /2 sdt ketumbar sangrai
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 1 batang serai geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula merah serut
  • 8 sdm kecap manis
  • 100 ml air
  • Minyak goreng untuk menggoreng tempe dan menumis bumbu

Langkah - Langkah :

  • Potong dadu tempe, goreng kering. Sisihkan
  • Tumis bawang merah, diikuti cabai hijau, lengkuas, serai dan daun salam hingga layu dan matang.
  • Masukkan bumbu halus ke tumisan bawang merah dan cabai hijau. Tumis hingga harum dan matang. Masukkan gula merah serut.
  • Masukkan air dan tunggu hingga mendidih. Masukkan kecap manis dan kaldu bubuk serta garam. Tunggu hingga mendidih kembali.
  • Masukkan tempe masak hingga humbu terserap dan agak nyemek. Tes rasa jika sudah pas siap diangkat dan sajikan.


Posting Komentar