Resep Puding Gula Merah/Jawa Oleh Hellen

Resep Puding Gula Merah/Jawa Oleh Hellen


Puding Gula Merah/Jawa oleh Hellen

Resep Puding Gula Merah/Jawa

Resep Puding Gula Merah/Jawa - Resep Puding Gula Merah/Jawa favorit. Kebetulan punya nangka bagus & gula jawa. Bikinlah puding simple, yaitu Puding Gula Merah/Jawa. Saking simplenya sampai suka lupa takaran pas-nya. Moga-moga ini bisa jadi catatanku juga. Saya membuat santan dari 1 buah kelapa parut dengan air 1500 cc. Tapi rupanya lapisan santannya masih ketinggian (2/3 bagian) - menurut saya. Lain kali saya mau bikin santannya dari 1/2 buah kelapa parut dengan air 1500 cc. Menurut saya, sekali lagi menurut saya - faktor2 yang menentukan terjadinya lapisan puding ini adalah (1) santan (2) bubuk agar2 & jeli. Saya menggunakan kombinasi bubuk agar2 & jeli. Nah, jeli ini kalo saya perhatikan sifatnya lebih cepat membuat puding jadi kental/beku. Sedangkan Puding Gula Merah/Jawa ini membutuhkan waktu untuk terjadinya pemisahan santan dengan air. Mungkin sebaiknya digunakan bubuk agar2 saja daripada dicampur dengan jeli, supaya ada cukup waktu untuk terjadinya pemisahan santan dengan air. Demikian sedikit catatan dari saya. Silakan mencoba.

Bahan - Bahan :

  • 1 bungkus bubuk agar2 Swallow
  • 1 sdt bubuk jeli plain
  • 200 gr gula merah/jawa/aren/kelapa disisir halus
  • 1500 cc total air & santan (lihat note di atas)
  • 5 lbr daun pandan
  • sedikit garam
  • 6 buah nangka, dipotong kecil2

Langkah - Langkah :

  • Campur semua bahan kecuali nangka dalam satu wadah. Masak di atas api sedang, hingga mendidih sambil diaduk2. Angkat.
  • Tata nangka di dalam cetakan agar. Tuangi agar2. Apabila gula merahnya kotor, maka tuangnya sambil disaring.
  • Biarkan agar2 mendingin. Nanti akan terjadi pembentukan lapisan gula dan santan dengan sendirinya. Bila sudah mengeras. Simpan di lemari es. Sajikan dingin2.


Posting Komentar