Resep Pempek Lenjer Oleh Piringwangie

Resep Pempek Lenjer Oleh Piringwangie


Pempek Lenjer oleh Piringwangie

Resep Pempek Lenjer

Resep Pempek Lenjer - Resep Pempek lenjer favorit. Berulang ulang belajar bikin pempek . Berbagai resep dikumpulkan , dicoba , gagal , coba lagi .... gagaal lagi .Akhirnya dari berbagai resep yg saya dapet , saya modifikasi dengan selera saya .... jadinya pempek rumahan ala2 saya he hee ... anak2 seneng bangett ibunya bisa bikin pempek. Alhamdulillah .... akhirnya bisa bikin pempek sendiri.Meskipun jauuhh banget yaa sama pempek asli palembang , ini sihh pempek rumahan aja ๐Ÿ˜€ .Nihh aku bagi resepnya yaa ...

Bahan - Bahan :

  • bahan biang :
  • 150 gr tepung terigu
  • 10 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • bubuk kaldu ayam
  • 200 ml air
  • bahan inti :
  • 800 gr tenggiri halus
  • 800 gr tepung sagu
  • 2 btr putih telur
  • secukupnya air dingin
  • air untuk merebus

Langkah - Langkah :

  • Bahan biang : haluskan bawang putih & bawang merah, rebus semua bahan kecuali terigu. Setelah mendidih matikan api masukan terigu aduk cepat sampai rata dan mengental. Dinginkan
  • Bahan inti :
  • Pada baskom besar masukan daging tenggiri, putih telur, bahan biang aduk sampai rata
  • Masukkan tepung sagu sedikit - sedikit, sambil masukkan air dingin. Aduk rata tapi jangan sampai cair.
  • Adonan saya sampai bisa dibentuk yaa
  • Kalo sudah bisa dibentuk, bentuk sesuai selera. Agar adonan tidak lengket ditangan, balurkan tepung sagu ditangan waktu membentuk pempek.
  • Lalu pempek langsung direbus, sampai mengapung. Mengapung menandakan pempek sudah matang.
  • Setelah matang tiriskan pempek. Saya dicuci di air mengalir dulu, agar hilang lengket2 sagunya. Keringkan
  • Pempek bisa langsung dinikmati, atau digoreng dahulu.Bisa disimpan di kulkas di tempat /plastik tertutup.
  • Kuah cuko : 500gr gula jawa, 10 siung bawang putih utuh,10 rawit utuh, garam, cuka, air setengah liter. Rebus semua sampai mendidih, saring, tempatkan di wadah (botol).Lebih sedap dinikmati keesokan harinya.
  • Resep ini bisa juga untuk pempek kapal selam yaa, selamat mencoba resep saya... terimakasih


Posting Komentar