Resep Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya Oleh Shanty J7

Resep Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya Oleh Shanty J7


Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya oleh shanty j7

Resep Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya

Resep Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya - Resep Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya favorit. Berawal dari cerita suami saya yang sering diajak relasinya makan di rumah makan Manado. Suami tergiur dengan tumis kangkungnya. Tetapi karena suami tidak suka ikan, jadi suami tidak mau makan tumisan tersebut. Apalagi tumisan dari daerah Manado ini menggunakan ikan tongkol suwir. Kemudian dilain kesempatan, saya diajak suami makan masakan Manado tersebut. Mungkin untuk test food yah ... Dari mencoba masakan tersebut kemudian dilain hari saya trial dan mencoba untuk merubahnya di dapur saya. Saya mengganti ikan tongkol dengan ikan teri. Dan menambah sedikit kunyit untuk menghilangkan amis dan menambahkan irisan batang serai. Dan ternyata ... suami saya lahap banget makannya dan di minggu-minggu yang lain, suami saya suka request tumisan ini loh ๐Ÿ˜. Lihat suami lahap makannya, saya jadi semangat untuk terus bereksperimen ๐Ÿ˜Š. By Shanty.

Bahan - Bahan :

  • 2 ons bunga pepaya, pisahkan dari batangnya
  • 2 ikat kangkung, siangi dan potong -/+ 1.5cm
  • 1 ons teri medan
  • 6 lembar daun jambu biji
  • 3 lembar daun jeruk, ambil bagian pangkalnya saja, iris vertikal -/+ 0.5cm. Buang daun bagian ujungnya
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, iris2 -/+ 0.5cm
  • 6 buah cabai rawit merah, iris kasar
  • Air untuk merebus bunga pepaya
  • Air es untuk rebusan bunga pepaya supaya bunga pepaya tetap terlihat segar dan hijau alami walaupun sudah dimasak
  • Minyak sayur untuk menggoreng teri dan menumis
  • Garam
  • Penyedap (saya menggunakan penyedap vegetarian yang berasal dari tumbuhan jamur)
  • Bumbu yang dihaluskan :
  • 2 butir cabai merah keriting
  • 1 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 cm kunyit

Langkah - Langkah :

  • Masak air sampai air benar-benar menggolak. Kemudian masukan garam dan daun jambu dan bunga pepaya sampai bunga layu. Tiriskan kemudian langsung masukan ke dalam air es. Buang daun jambunya. Daun jambu dan golakkan air mendidih tersebut menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya.
  • Goreng ikan teri yang sudah dicuci dengan api kecil dan terus diaduk2 supaya teri matang dengan sempurna. Jika sudah kecoklakan, tiriskan. Ikan teri digoreng terlebih dahulu supaya tumisan tidak berbau amis.
  • Ambil 2 sendok makan minyak sehabis menggoreng teri. Kemudian tumis bumbu halus, cabai iris, serai dan daun jeruk sampai agak layu. Kemudian masukan teri dan bunga pepaya yang sudah ditiriskan dari air es. Masak sambil terus diaduk-aduk dengan api sedang.
  • Setelah 2 menit menumis bunga pepaya. Masukkan kangkung. Garam dan penyedap. Terus diaduk sampai kangkung layu. Kemudian angkat dan hidangkan dengan nasi hangat.
  • Tumis Kangkung Teri Bunga Pepaya dapat menjadi teman untuk hidangan ikan kembung goreng dan sambal dabu. Bisa juga dengan ayam woku atau ayam rica-rica. Suami saya tidak suka makan pahit. Tapi sayur yang 1 ini ternyata sekarang menjadi sayuran favoritenya. Selamat mencoba dijamin suami pasti request lagi dan lagi ๐Ÿ˜Š.


Posting Komentar