Resep Coto Makassar Oleh Dapur Ibunya Aslan

Resep Coto Makassar Oleh Dapur Ibunya Aslan


Coto Makassar oleh Dapur Ibunya Aslan

Resep Coto Makassar

Resep Coto Makassar - Resep Coto Makassar favorit. Resep ini saya persembahkan untuk ibunda saya tercinta yang sekaligus menjabat sebagai guru saya. Yang selalu setia menemani saya belajar, membuat soal, dan menjelaskan segala materi yang tidak saya bisa dengan gamblang. Setelah menjadi seorang istri, ibu tetap menjadi guru saya. Guru yang mengajarkan banyak hal. Masih saya ingat pesan sebelum saya menikah, "Mbak, jadi istri yang ikhlas dan menerima apapun keadaan suami ya. Biar semuanya berkah." Saya ingin makan Coto Makassar dengan belio. Banyak yang akan saya ceritakan ketika kami nanti di dapur meracik bumbu dan memotong daging. Dan saya akan bilang "Bu, daging sapi itu gak melulu dimasak dendeng dan rawon, saya punya resep Coto Makassar. Monggo masak." Kemudian saya akan mendengarkan nasihat-nasihat belio lagi untuk yang kesekian kalinya. Sehat terus nggih bu. Biar bisa tetap mengajari murid-murid dan juga saya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š #terimakasihguru #gurukuidolaku

Bahan - Bahan :

  • 1 kg daging sapi
  • 5 Batang serai
  • 2000 ml air cucian beras putih
  • 5 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak goreng
  • 250 gr kacang tanah
  • 5 cm jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • <strong>bumbu yang dihaluskan</strong>
  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar (sangrai)
  • 1 sdt jinten (sangrai)
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 sdt garam
  • <strong>bahan pelengkap</strong>
  • Bawang goreng
  • Seledri yang sudah diiris
  • Daun bawang yang sudah diiris

Langkah - Langkah :

  • PERSIAPAN AWAL. Cuci bersih daging sapi. Kemudian memarkan serai. Goreng kacang tanah, kemudian tumbuk dan haluskan. Memarkan jahe dan lengkuas. Dan haluskan bumbu yang sudah disebutkan di atas.
  • Siapkan wajan diatas kompor. Tambahkan 3 sendok minyak goreng. Tunggu hingga panas. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga matang dan harum.
  • Siapkan wajan diatas kompor. Tambahkan 3 sendok minyak goreng. Tunggu hingga panas. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga matang dan harum.
  • Setelah bumbu matang dan harum. Matikan kompor. Dan masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam air bekas rebusan daging. Panaskan kembali air kaldu.
  • Tambahkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan. Aduk merata. Kemudian masukkan daging dan rebus semua sampai mendidih.
  • CARA PENYAJIAN. Sajikan dalam mangkuk, kemudian tambahkan bawang goreng, irisan seledri dan daun bawang


Posting Komentar