Resep #16. Pempek Ikan Oleh Mom's Arra El-Amin

Resep #16. Pempek Ikan Oleh Mom's Arra El-Amin


#16. Pempek Ikan oleh Mom's Arra El-Amin

Resep #16. Pempek Ikan

Resep #16. Pempek Ikan - Resep #16. Pempek Ikan favorit. Resepnya wak cik dr palembang yg dtg ke lampung tapi cuma bawa pempek dikit... Keluarga saya gag bakalan ada dosennya sm pempek, alhasil berebut dah tu sama pempeknya, plus kk saya gag dpt padahal dy minta dan pingin jg dy kasih k mertuanya... Akhirnya sm kk di beliin ikan giling 2kg minta d buatin pempek sm wakcik... Mumpung lg ada demo gratisan gitu, gag sia2in kesempatan donk saya, nyimak dengan seksama dan jadi resep andalan... Hasil trial dan error saya praktek sendiri, ada yg pempeknya keras, ada pempeknya kebanyakan ikan, lah pokoknya macem2... Banyak2lah membaca, itu yg saya lakukan untuk benahin semua kekurangan saya, semua yg saya follow atau gag dan kebetulan dy punya resep pempek, saya pantengin satu2 sambil berharap sapa tau ada yg punya tips supaya pempek yg kita buat enak n seperti yg di jual2 diluar itu... Bodohnya saya ya, pas ada wakcik, malah gag nanya... Saya kira sepele, gag tau nya fatal... Dan ternyata, itu bagian yg luput saya ingat, padahal wakcik juga buatnya sudah benar sperti yg di lakukan para suhu d cookpad ini supaya pempeknya gag alot... Xixiixix Dan sekarang, saya berhasil... #BikinRamadhanBerkesan

Bahan - Bahan :

  • 600 gr ikan giling
  • 700-800 gr tepung sagu pak tani
  • 80 gr bubur terigu
  • secukupnya Garam
  • 2 sdt gula pasir
  • Vetsin (boleh slip)
  • 4 butir putih telur
  • 300 ml air es
  • Bumbu (haluskan) :
  • 11 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica butir
  • Air untuk merebus pempek, dan sedikit minyak makan

Langkah - Langkah :

  • Giling bumbu.
  • Cara membuat bubur terigu, didihkan air 120 ml, masukkan 80 gr tepung terigu, aduk cepat hingga semua terigu matang dan tidak saling menggumpal.
  • Campurkan bumbu, putih telur, bubur dan ikan giling, uleni hingga rata, tambah air sedikit demi sedikit sambil terus d ulen sampai rata, tambahkan gula dan garam. Pada tahap ini hati2, feeling harus tepat, karena harus mengira2 pas atau tidaknya rasa setelah nanti ditambah tepung.
  • Masukkan tepung sagu, aduk asal rata. Poin penting !!! Jangan d ulen kuat dan lama, karena bisa menyebabkan pempek menjadi keras.
  • Bentuk sesuai selera.
  • Rebus dalam air mendidih hingga pempek matang. Setelah pempek mengapung. Jangan buru2 di angkat. Biarkan sesaat agar tanak.
  • Angkat, dan siap di goreng.
  • Sajikan dengan kuah cuko / cuka.
  • Resep cuka sudah pernah saya share.
  • Jika ingin d simpan d kulkas bawah, cuci pempek dengan air mengalir hingga lendirnya hilang, gulingkan ke dalam tepung sagu, masukkan tempat kedap udara.
  • Jika ingin di simpan d freezer, cuci bersih hingga lendirnya hilang, lalu langsung masukkan plastik atau tempat kedap udara tanpa harus d gulingkan ke dalam tepung sagu.


Posting Komentar