180.Soto Udang Medan (reCook-Tanti) oleh πŸΉπŸ• pawonku 🍜🍚

Resep 180.Soto Udang Medan (reCook-Tanti)

Resep 180.Soto Udang Medan (reCook-Tanti) - Resep 180.Soto Udang Medan (reCook-Tanti) favorit. Soto Udang Medan ...adalah satu diantara jenis soto yg sdh terkenal lama di daerah Medan. Dan entah kenapa saya kok juga tertarik pengin bebikin...karena penasaran,dan bahan yg mudah didapat jadi mulus untuk mewujudkan...dan setelah mencobanya...aihhh lezatosss...tak kalah dengan soto lainnya...mari bunds..segera kita memasaknya. #cookpadcommunity_bekasi #clovercookinglover Bismilah,...

Bahan - Bahan :

  • saya hanya memasak 1/2 resep
  • 250 gr udang putih uk sed besar
  • 2 cm jahe geprek(unt kaldu)
  • 1 bawang putih geprek(unt kaldu)
  • Bahan pekengkap:##
  • 1 bh suun cap naga seduh (tambahan saya)
  • 1/4 kol putih..bersih iris halus(tambahan saya)
  • 1 daun bawang (saya putihnya,)
  • Bawang goreng(saya)
  • Jeruk nipis.(saya)
  • 1 bh Tomat merah (tambahan saya)
  • 1 dompol daun selada kriting (tambahan saya)
  • Sambal cabe(cabe dan bawang merah,putih, rebus dan uleg halus)
  • 65 ml santan kar*(tambah air jd santan 150 ml)
  • 700 ml air masak unt buat kaldu jadi 500 ml kaldu
  • Bumbu cemplung:
  • 1 daun jeruk.2 daun salam.1 batang serai.(putihnya)
  • Bumbu halus:##
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit(saya bakar)
  • 1 cm jahe (saya bakar)
  • 1 kemiri (saya bakar)
  • 1 cm lengkuas
  • 1/2 sdt tumbar bubuk(saya sangrai)
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • saya tidak pakai kaldu bubuk apapun

Langkah - Langkah :

  • Cuci bersih udang dan pisahkan dari kulit dan kepala.sisihkan. kulit dan kepala tambah air dan jahe gepek,baw geprek rebus api kecil sampai jadi 500 ml lalu saring dan sisihkan.tumis bumbu halus tambah bumbu cemplung harum dan masukkan ke kaldu.rebus sampai mendidih.
  • Kecilkan apinya dan masukkan udang segarnya aduk.dan tambahkan santannya aduk jngn sampai pecah.setelah udang matang dan kuah mendidih tambahkan daun bawang iris.dan segera matikan kompor.
  • Ambil mangkok saji..tempatkan kol iris halus.suun..lalu tambahkan udang dan kuahnya.lengkapi dengan telur rebus.daun slada, tomat potong..jeruk nipis bawang gor.nikmati..selagi panas....hem seger ringan...yummi bngt.1πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ
  • Rasa mirip dengan laksa..tapi juga mirip soto betawi...tapi tdk sama persis bund...bener enak....


Posting Komentar