Resep Nasi Bakar Komplit (Nasi Tutug Oncom Sunda) Oleh Ratih73

Resep Nasi Bakar Komplit (Nasi Tutug Oncom Sunda) Oleh Ratih73


Nasi Bakar Komplit (Nasi Tutug Oncom Sunda) oleh Ratih73

Resep Nasi Bakar Komplit (Nasi Tutug Oncom Sunda)

Resep Nasi Bakar Komplit (Nasi Tutug Oncom Sunda) - Resep Nasi Bakar Komplit (Nasi Tutug Oncom Sunda) favorit. Masih dalam rangka bersih-bersih koleksi foto di HP plus mumpung ada waktu luang buat ketak-ketik resep. Nemu foto Nasi Tutug Oncom Bakar yang belum pernah muncul di CP saya. Bumbunya saya intip dari CP nya Mba Frielingga Sit yg sudah lama saya ‘cookmark’. Ini bikinnya juga waktu masih tinggal di tanah air, tempat dimana daun pisang berjejer di pinggiran komplek ๐Ÿ˜๐Ÿ˜… Untuk isian ayam saya ganti dengan tumisan ikan teri medan dan oseng-oseng oncom (ada 2 versi). Duuh, jadi makin kangen deh makan beginian ๐Ÿ˜ข

Bahan - Bahan :

  • Bahan Nasi:
  • 500 gr Beras (saya pakai beras merah, cuci dan tiriskan)
  • 1/2 sdm Garam
  • 3 lembar Daun Salam
  • 2 batang Sereh
  • 600 ml Santan
  • 50 gr Bawang Merah Iris (saya skip)
  • 1 sdt Kaldu Jamur Bubuk
  • Secukupnya Minyak Sayur (untuk mengoles daun)
  • Secukupnya Daun Pisang (cuci bersih/lap basah, gunting sesuai ukuran selera)
  • Bahan Tumisan:
  • 150 gr Teri Medan Goreng 1/2 matang atau 1 papan Oncom Merah yang sudah dihaluskan (saya buat 2 versi jadi bumbunya saya pakai 2x resep)
  • 3 siung Bawang Putih, iris
  • 5 siung Bawang Merah, iris
  • 2 buah Cabe Hijau (saya skip)
  • 2 buah Cabe Merah Besar, iris
  • 4 buah Cabe Rawit, utuh
  • 1 batang Daun Bawang, iris
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Gula
  • 100 ml Air (saya skip)
  • 1 sdt Kecap Manis (saya skip)
  • 1 sdt Kaldu Jamur Bubuk
  • Secukupnya Minyak Goreng
  • Bahan Pelengkap:
  • Daun Kemangi
  • Tahu Goreng
  • Ikan Asin Peda Merah Goreng
  • Sambal Bawang
  • Lalap Timun, Wortel Rebus
  • Pete Bakar

Langkah - Langkah :

  • Masak semua bahan nasi dalam panci, aduk-aduk sampai menjadi aron atau santan menyusut. Kukus aron ke dalam panci kukusan yg sudah dipanaskan sebelumnya. Masak sampai nasi matang. Angin-anginkan atau hilangkan uap panas dengan cara mengaduk nasi sambil dikipas.
  • Masak bahan tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cabe, teri medan/oncom, garam, gula dan kaldu. Masak sampai matang, terakhir masukkan daun bawang, aduk rata, angkat, sisihkan.
  • Siapkan daun pisang. Setelah dilap basah dan bersih, hangatkan daun pisang diatas panci kukusan atau di atas kompor (tidak terkena api) supaya daun mudah dibentuk karena layu. Letakkan daun ukuran kecil di atas daun ukuran agak besar, masukkan nasi sesuai ukuran daun, lebarkan, beri isian dan daun kemangi di tengahnya. Bungkus seperti lontong. Olesi tiap bungkusan dengan minyak sayur. Panggang di atas teflon sampai harum dan daun agak gosong. Sajikan nasi bakar merah dengan bahan pelengkap ๐Ÿคค


Posting Komentar