Resep Pempek Tenggiri (Adonan Dasar Pempek Modif By Vonny Ambar) Oleh
Vonny Ambar

Resep Pempek Tenggiri (Adonan Dasar Pempek Modif By Vonny Ambar) Oleh Vonny Ambar


Pempek Tenggiri (Adonan Dasar Pempek Modif By Vonny Ambar) oleh Vonny Ambar

Resep Pempek Tenggiri (Adonan Dasar Pempek Modif By Vonny Ambar)

Resep Pempek Tenggiri (Adonan Dasar Pempek Modif By Vonny Ambar) - Resep Pempek Tenggiri (Adonan Dasar Pempek modif by Vonny Ambar) favorit. Dulu waktu saya kecil, pernah makan pempek tapi cukonya kecut sekali sampai saya sakit maag. Sejak itu saya gak berani makan pempek lagi. Saya berani makan pempek lagi di September 2015, dikarenakan teman yang tinggal di Palembang datang ke Surabaya dan membawa pempek kulit krispi. Pertama kali mau makan, saya sih takut cukonya kecut seperti dulu saya pernah makan tapi saya keliru... ternyata cukonya gak sekecut yang seperti saya makan dulu. Cukonya enak sekali dan saya suka... Karena itu, pempek jadi salah satu makanan kesukaan saya. Akhirnya saya ingin membuatnya sendiri. Tanpa sengaja membeli buku pempek di salah satu toko buku di Surabaya. Resep pempek tenggiri yang saya pakai ini saya ambil dari buku Jajanan Favorit Pempek, Siomay, Otak-Otak, Batagor dengan judul Adonan dasar Pempek yang kemudian saya modif sedikit. Di sini tanpa pakai telur tapi menggunakan penganti telur, seperti metode tang zhong. Saya juga tidak menggunakan ebi sama sekali baik di cuko maupun di adonan pempek karena tidak semua orang bisa makan ebi atau udang kecil kering. Sekarang pempek ini jadi andalan jualan saya ๐Ÿ˜Š

Bahan - Bahan :

  • Biang :
  • 25 g tepung terigu
  • 200 ml air kaldu (dari tulang ikan)
  • 1 sdm minyak goreng
  • 5 siung bawang putih, haluskan (berat total 25 g)
  • 2 sdt gula pasir
  • 2.5 sdt garam
  • Bahan :
  • 300 g ikan tengiri, giling halus
  • 250 g tepung tapioka / kanji
  • Tepung sagu / tapioka untuk taburan
  • Biang Cuko :
  • Bahan :
  • 1 liter air
  • 500 g gula jawa/aren
  • 50 g asam jawa (bisa lebih)
  • 7 siung bawang putih, haluskan (berat total sekitar 35-40 g)
  • 20 buah cabai merah kecil, haluskan
  • 1-1.5 sdm cuka masak (optional)
  • 1.5 sdt garam
  • Pelengkap :
  • Mie kuning
  • Timun potong kecil-kecil
  • Cuko

Langkah - Langkah :

  • Biang : larutkan tepung terigu, bawang putih, garam, gula pasir, minyak goreng, dan air. Aduk rata. Rebus hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Tuang adonan biang ke dalam ikan tengiri. Uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Tambahkan tepung tapioka/kanji. Aduk hingga tepung tercampur rata.
  • Bentuk adonan pempek sesuai kebutuhan jenis resep pempek yang akan dibuat.
  • Lumuri sedikit tepung sagu agar adonan tidak lengket di tangan. Lakukan hingga adonan habis.
  • Didihkan air, tambahkan 1 sdm minyak goreng ke dalam rebusan. Masukkan adonan pempek yang telah dibentuk. Rebus dengan api sedang hingga terapung dan matang. Angkat.
  • Rendam pempek 1 menit di air hangat agar lendir berkurang. Angkat dan tiriskan hingga dingin. Panaskan minyak goreng. Goreng pempek hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Pempek siap disajikan.
  • Catatan : resep ini saya gunakan untuk membuat pempek lenjer, kapal selam, adaan dan kulit. Untuk pempek kapal selam, adonan saya timbang 80 gram. Sedangkan yang lainnya sesuai selera. Untuk membuat adaan dan kulit bisa ditambahkan daun bawang merah dan 25 ml air kaldu lagi juga kurangi garam sebanyak 1/2 sdt. Atau untuk adaan, bisa direbus dahulu baru di goreng.
  • Cara Buat Biang Cuko : # Didihkan air, masukkan gula jawa, bawang putih, cabai, asam jawa, dan garam. Masak kembali hingga mendidih, masukkan cuka. Angkat. Dinginkan. (Gunakan cuka beras agar aroma cuko tidak terlalu menyengat). Saring. # Biang cuko siap digunakan sebagai pelengkap penyajian pempek dan jangan lupa tambahkan air secukupnya atau sesuai selera.
  • Tips 1.
  • Tips 2.
  • Kaldu ikan


Posting Komentar